Jumat, 02 Maret 2018

,

Penebaran Benih Ikan sebagai Bentuk Peduli Lingkungan


SMK Peduli Lingkungan merupakan kegiatan yang sering di lakukan oleh SMK dimana tempat saya magang. Dan hari Rabu, 28 Februari kemarin merupakan hari dimana SMK melakukan kegiatannya tersebut, yaitu Penebaran Benih Ikan di Dermaga Tritis Wadaslintang. Bersama Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Wonosobo siswa-siswi jurusan Agribisnis Perikanan mulai dari kelas X, XI dan XII melakukan penebaran benih tersebut. Sehingga kami tiga anak dari anak magang dimintai untuk mendampingi mereka.

Dermaga Tritis Wadaslintang adalah sebuah dermaga perahu kecil yang berada di Dusun Paras, Kelurahan Wadaslintang, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo. Lokasinya masih berada disekitar pusat Kecamatan Wadaslintang. Lebih tepatnya lokasi ini adalah pinggiran dari Waduk Wadaslintang yang paling utara. (Sumber Dermaga Tritis Wadaslintang Sejarah, Kebudayaan, dan Perkembangan)

Dan untuk benih ikannya sendiri itu didatangkan dari jauh, yaitu datang dari Sukabumi. Benih yang disebar menurut salah satu guru masih terlalu kecil. Jadi harus disebarkan ke daerah yang lebih ke tengah dari perairan di Dermaga Tristis. Agar bisa lebih menyesuaikan diri. Penebaran dilakukan dengan menaiki perahu kayu dari Satuan Pengawas Perikanan Perairan Umum Kabupaten Wonosobo yang berada di Wadaslintang.

Kegiatan dilakukan dengan lancar, dan para siswa-siswi pun banyak yang antusias. Ini menandakan bahwa mereka memang peduli terhadap perikanan yang ada di Waduk Wadaslintang. Selain itu pun cuaca di Wadaslintang sedang cerah-cerahnya dan membuat kegiatan terasa lebih menyenangkan. Kemudian acara diakhiri dengan sesi ramah tamah dari kedua belah pikah. Sekolah dan Pihak Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Wonosobo.










Share:

0 comments:

Posting Komentar