Jumat, 05 Juni 2015

Punya Adek Baru, Yay or Nay?



Beberapa bulan yang lalu tiba-tiba di suatu malam disaat gue, bapak, ibuk, dan dua adek gue lagi asik-asik nonton tv, tiba-tiba adek gue yang paling bontot nyletuk, gue translate langsung aja ya pake bahasa indonesia yang baik dan benar, karena gue orang jawa maka pada ngomongnya pake bahasa jawa, kira-kira begini nyletuknya adek gue :
            “Buk, adek pingin punya adek!”
Dan itu adek gue bilangnya sambil gelendotan ditangan ibuk, seketika itu tawa di ruang tv pun pecah, trus ibu gue nanya :
            “Adek Dafa pingin punya adek? Kenapa?”
Terus adek gue jawab gini :
            “Krisna, Intan pada punya adek, Adek Dafa yang ngga punya. Adek Dafa pingin dipanggil Mas”
Haha, jadi ceritanya adek gue iri pingin juga dipanggil Mas, padahal temen-temennya itu ngga sebaya loh sama adek gue, adek gue baru umur 4th, tapi temennya itu udah pada TK dan kelas 1 SD. Lah terus bapak gue nyaut :
            “Ntar kalo punya adek Mbak Afi yang tambah stress”
Hahaha, bapak gue tau aja perasaan gue yang punya dua adek ini, pake dikatain makin stress lagi. Padahal sih enggak, yaa okelah gue punya dua adek. Yang adek gue paling pertama mah santai aja ngga neko-neko, lah adek gue yang paling kecil itu paling aneh sendiri diantara kita bertiga, paling beda, paling nakal lagi.
Udah gigi paling abis sendiri, iya jadi diantara kita bertiga yang waktu kecil giginya abis ya cuma Dafa. Bayangkan gigi dia yang paling depan atas ilang semua, empat biji paling depan ilang. Jadi dia kalo makan kerupuk gigitnya pake gigi geraham dia, apalagi kalo makan apel, maka dari itu adek gue nggak pernah makan apel. Sungguh kekurangan asupan apel, kasian sekali kau dek. Tapi adek gue yang pertama gara-gara kecilnya gigi dia rapi ngga ilang-ilang, sekarang malah giginya pada rebutan tempat. Iya, jadi giginya belum tanggal udah nongol aja itu gigi baru, jadi ngakalinnya gue jedot-jedotin aja deh adek gue ketembok biar giginya copot. Hahahaha, ya enggaklah.
Terus dulu jamannya kalo pagi ke tempat emak -yang momong adek gue kalo ibuk gue di sekolah- karena dia lagi suka main gunting dan itu luput dari pengawasan, dia gunting-guntingin kertas tapi mungkin dia mikir gunting-gunting kertas udah terlalu mainstream, maka dia ubah obyeknya. Jadi dia akhirnya gunting-gunting celana dia sendiri, iya celana, karena dia suka make baju bola dan lo tau kan baju bola anak kecil gampang digunting. Alhasil pulang-pulang 3 celana adek gue pada compang-campeng diguntingin dia tapi tetep aja dia pake, lah -__- Nggak Cuma celana aja, besoknya lagi adek gue pulang-pulang langsung bilang :
            “Pak, adek beliin sendal lagi dong!”
            “La kemarin kan abis dibeliin dek”
            “Udah adek gunting jadi ngga bisa dipake lagi”
            “Gukbraaaak” *brb langsung lempar adek gue pake ban motor* wkwkwk, ya enggaklah bapak gue ngga sekejam itu.

Balik lagi ke cerita pertama yang adek gue minta adek itu, jadi sejak hari itu orang serumah pada manggil Adek Dafa dengan sebutan Mas Dafa, girang banget dia. Tapi itu ngga berlangsung lama karena belum lama ini dia tiba-tiba ngomong :
            “Jangan manggil Mas sih, kan adek masih kecil, belum sekolah”
Lah yang minta dipanggil Mas itu siapa dek???? -___-
Sekarang ini di sekitar rumah lagi heboh pada mainan sepeda sama baju cross –tulisannya gimana sih yang motocross itulah pokonya- adek gue ngerengeklah minta beliin baju cross, karena Ibuk gue lagi eman padahal biasanya juga pelit, eh enggak ding kalo lagi dong aja mau beliin sesuatu. Wkwkwk, becanda. Dibeliin akhirnya, jadi setiap sore suka banget pake baju cross, setiap selese dicuci di taruh lemari, langsung aja dipake. Istilahnya “Mbahringgo” Kumbah, Garing, Dienggo. Haha. Adek gue ini emang gitu kecil-kecil udah susah banget kalo urusan baju, dia itu suka yang aneh-aneh, kalo dia ngerasa pake baju setelan yang atas sama celana warnanya sama maka dia inisiatif buat make baju beda warna, pake baju bola misalnya atasannya merah bisa celananya warna oren, atau atasannya warna pink celananya pake yang biru. Kalo baju panjang, atasannya pake Captain Amerika merah, celananya pake celana Thomas and friend yang warna kuning. Padahal udah dibilangin jelek diledekin segala sama orang rumah tetep aja dia nggak peduli, dia malah bilang.
            “Ngga mau ganti, maunya kaga gini aja kebalik-kalik kan bagus”
Karena adek gue nggak mau pake kata selen dia pakenya kata kebalik. Jadi daripada adek gue nangis jadi mending dia pake baju kenalik, karena kalo adek gue nangis pasti dia nangisnya nggak santai. Emang ada ya anak yang nangis santai?
Adek gue ini lagi hobi banget lah main sepeda ceritanya, padahal naik sepeda aja nggak bisa, jadi ya main sepedanya Cuma dituntun-tuntun aja sepedanya. Dulu awalnya kalo ada turunan dia nggak berani turun sambil nuntun sepeda, kalo sekarang mah diterjang, ada turunan malah mainannya diturunan lari dari atas sambil nuntun sepeda, kalo dia ngerasa susah dilepasinlah itu sepedanya, jadi dia lari tau-tau sepedanya udah nyungsep aja di kalenan –selokan- abis itu pulang-pulang sepedanya ditinggal, trus tinggal nyuruh adek gue yang pertama.
            “Mas, ambilin sepedanya adek dong”
            “Lah dimana dek?”
            “Itu di selokan, adek tinggal soalnya”
Jadi adek gue yang pertama itu jadi korban suruh-menyuruhnya adek gue yang paling kecil. Apalagi kalo adek gue yang kecil lagi mainan hp nih trus dia nggak bisa, trus minta diajarin sama Fakhri adek gue yang pertama. Abis diajarin mainnya gimana, ceritanya kan Fakhri ikut nimbrung di deket dia, eh tiba-tiba dia bilang :
            “Kesana sih mas, mulutnya mas ayi bauuuuuuuuuuuu”
Tuhkan adek gue jahat banget sama kakaknya sendiri. Alhasil Fakhri juga kadang sebel sama Dafa. Hahahaha
Ngomongin batu akik yang lagi heboh sekarang maka demam batu akik pun ngga luput juga dari bapak gue, iya bapak gue hobi banget sama batu akik sekarang, sampe-sampe dia buat sendiri batu akiknya, kemarin aja pas nganter ibuk jaga test semesteran di SD yang termasuk plosok lah ya, kan deket tuh sama sungai gitu, jadi sambil nungguin ibuk jaga test bapak nyari batu akik di kali. Lah segitunya ya pak? -_- Jadi ceritanya adek gue juga nggak mau kalah, dia minta juga batu akik, karena batu akik yang beneran nggak ada yang emban-nya -emban itu yang cincinnya itulah- kecil, jadi dia dibeliinnya yang imitasi gitu, udah dibeliin 3 dia masih minta lagi, sekarang dia punya 5 biji, nggak tau besok-besok bakal minta lagi apa enggak.
Noh batu akik dia

Ini sebenernya nggak mau di foto dia


Jadi, kalo misalkan gue punya adek lagi jelaslah gue nggak bakal mau, punya adek kaya Dafa aja udah aneh-aneh aja tingkahnya, apalagi kalo entar nambah satu. Hahaha. Sebenernya banyak banget cerita tentang adek gue yang paling kecil itu tapi gue capek ngetiknya, mengingat kecepatan mengetik gue yang lamban selamban respon dia ke gue, haha, dia siapa al? Nggak tau :p. Gue nggak yakin bisa selese cepet. Sebenernya cerita gue sama Dafa yang kadang nggak akur juga banyak, yang gara-gara hal biasa rebutan remote tv,ih paling sebel. Padahal gue juga udah nonton drama korea yang tayang di tv tapi tetep aja pengen nonton lagi, dan adek gue pengen nonton kartun ya sudahlah kadang gue yang ngalah kadang adek gue yang ngambek langsung lari kedepan sambil nangis.
Nih terakhir kebiasaan adek gue yang sekarang ini sering dia lakuin, semua pertanyaan yang ditanyakan ke dia, dia jawab dengan santai dengan kata-kata :
            “Abis dari mana dek? Mas ayi mana?”
            “ANGKASA”
Terus lagi, dia abis beli mainan :
            “Ish ish ish, mainan baru lagi dek? Beli di mana?”
            “ANGKASA”
Lagi-lagi, dia abis di ajakin ibuk wisata sekolah ke pantai, gue nanya :
            “Cieeee, yang abis diajakin ibuk plesir, kemana dek?”
            “ANGKASA”
Kaaaaan dia bikin kesel jawabnya, ini gara-gara dia suka banget nonton Upin Ipin yang episode Upin Ipin jadi angkasawan. Gue jadi curiga jangan-jangan adek gue ini adalah eek alien yang terdampar di bumi dan menjelma jadi adek gue.
Tuhkan gigi yang depan nggak ada




Share:

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Haha sama gue juga pengen punya adek, nasib anak bungsu.
    Btw ini kunjungan pertama gue di blog lo, salam kenal ya. Jangan lupa buka juga blog gue mardiantorido08.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Gue malah nggak mau punya adek lagi, haha
    oke, salam kenal juga, makasih sudah berkunjung, siapp ^^

    BalasHapus