Kamis, 13 Agustus 2015

, ,

Cerpen: Secangkir Kopi dan Kenangan



Hujan deras turun membasahi bumi dan seisinya sore itu, sambil menyeruput secangkir kopi buatannya, jari jemari Nola mengetikkan alamat web facebook.com di komputernya, sebuah media sosial yang sudah lama sekali tidak ia buka. Sesekali ia menarik ujung bibirnya, tersenyum melihat status-status teman facebook-nya yang terpampang di beranda. Lalu ia membuka album foto yang ada di albumnya, foto jaman dulu, fotonya dengan para sahabatnya. Yang sekarang telah menjalani kehidupan mereka sendiri-sendiri, Gita yang sekarang ada di Jerman mengikuti suaminya yang ditugaskan disana, Diana yang sekarang telah menjadi bisnis woman dan memiliki perusahaan di Jakarta, dan Desta sang chef cantik dengan sebuah restoran Itali di Bandung. 

Masih asyik Nola melihat-lihat semua foto-fotonya, tiba-tiba sebuah pesan masuk di chat room facebooknya, dari Reizo Danuarta :
            “Hai La, gimana kabar lo? J” sebuah pesan singkat dengan emot senyum setelahnya.
            Melihat nama itu terpampang di layar komputernya, membuat ia berhenti sejenak , ia kaget melihat nama yang sudah bertahun-tahun tak pernah ia lihat, muncul. Setelah 5 menit berlalu, Nola baru membalas pesan itu.
            “Hai Nu, kabar baik, lo?” balas Nola singkat.
            “Lama banget balesnya, gue juga baik kok. Masih inget gue kan?”
            Sontak membaca pesan itu Nola mengingat kembali apa yang telah terjadi di antara mereka dulu. Pertanyaan itu seharusnya tak perlu Danu tanyakan, karna pasti Danu tahu bagaimana mereka dahulu.

Bell tanda istirahat berbunyi, Danu tiba-tiba menarik tangan Nola dan membawanya ke ruang musik yang masih gelap, tiba-tiba Danu menyalakan lampu dan di dinding terpampang huruf-huruf berurutan merangkai sebuah kalimat “Happy Sweet 17 Nola, I Love  You” Danu lalu menyanyikan lagu Happy Birthday dengan suara khasnya, dan diakhir nyanyiannya Danu menyatakan perasaannya.
            “Happy Sweet 17 Nola, semoga lo tambah baik, tambah peduli ke sekitar lo, makin di sayang sama sahabat-sahabat lo, dan pasti gue juga bakal makin sayang sama lo La. Iya la, gue suka sama lo, gue sayang sama lo, mungkin selama ini gue ngga pernah nunjukinnya langsung ke lo, tapi gue akhirnya berani bilang ke lo kalo gue itu cinta sama lo La. Mau ngga jadi pacar gue?”
            Nalo tak bisa berkata-kata hanya air mata haru yang mengalir di pipinya.
            “Yah La, jawab dong, kok malah nangis, gue kan ngga nyubit lo, jadi gimana mau ngga jadi pacar gue? hehe” tanya Danu yang masih dengan kebiasaannya.
            “Gue kan terharu Nu, gue juga suka sama lo, tapi gue kira Cuma perasaan gue aja, karena lo itu anaknya bercanda mulu soalnya. Iyaa, gue maujadi pacar lo” jawab Nola mengakhiri rasa penasaran Danu
            “Serius? Akhirnya” Seru Danu langsung memeluk gadis yang masih terisah haru di depannya itu.
            “Gila lo yaa, emang ini ngga dimarahin Kepala Sekolah apa nempelin tulisan di dinding?” tanya Nola yang masih di pelukan Danu.
            “Makannya, kita cepetan foto dulu, trus kita copotin deh tulisannya sebelum ketauan Pak Suryo, hahaha” jawab Danu sambil kabur
            “Ah dasar lo, kirain lo udah ijin” seru Nola
Sejak hari itu Nola dan Danu menyandang status berpacaran.  

            “Ya iyalah gue masih inget, lo kan dulu maskotnya kelas kita”
            “Hahaha, yang diinget gue maskot kelas doang ya? Kadang-kadang kangen deh, ke jaman dulu kita sekolah”
            “Iya ya, jaman dulu, jamannya nakal-nakalnya kita”
            “Eh iya, inget ngga pas kita bolos jam Sejarah Bu Susi?”
            “Ingetlah, pengalaman pertama gue tuh, lo kan yang ngajarin gue bolos, hahaha”
            Nola memang tak pernah melupakan kenangannya bersama Danu dulu. Kenangan yang sangat manis menurutnya. Karena Danu adalah orang yang bisa membuatnya bahagia.

             “Eh jam terakhir Bu Susi ya?” tanya Danu tepat di depan meja Nola
            “Iya, emang kenapa? Tumben banget inget jadwal di kelas”
            “Bolos yuk? Lagi nggak mood gue sama pelajaran Sejarah”
            “Nggak mau ah, udah mau ujian kenaikan kelas, masa mau bolos”
            “Santai aja lagi, lo kan pinter”
            “Trus kalo lo giman?”
            “Yaaa gue kan punya lo, pacar gue yang pinter, masa nggak mau ngajarin gue? Hehehe” jawab Danu dengan cengirannya yang khas.
            Akhirnya dengan jurus ala ala Danu yang serba bisa, Nola pun ikut bolos di pelajaran Bu Susi.
            “Ta, Di, Des ijinin gue ya, gue mau bolos sama Danu” pinta Nola ke sahabat-sahabatnya
            “Terus kita jawab apa dong kalo ditanyain Bu Susi?” jawab Desta
            “Udaah bilang aja terserah kalian, hehe. Babay sayang-sayangnya gueee” saut Nola sambil keluar kelas dengan Danu.
            “Kita mau kemana si emangnya?” tanya Nola penasaran.
            “Udah lo ikut aja, nih pake helm-nya” jawab Danu singkat.
            Ternyata Danu membawa Nola ke sebuah bukit, Bukit Cinta namanya dengan pemandangan yang sangat indah dan sejuk. Danu membaringkan badannya di rerumputan dan Nola pun mengikutinya di sebelah Danu.
            “Nu, kenapa lo ajak gue kesini?” tanya Nola serius
            “Gue pingin aja ketempat-tempat yang romantis bareng lo, La. Gue pingin nikmatin keindahan yang Tuhan ciptain bareng orang yang gue sayang, yaitu elo. Nola gue yang paling gue sayang” ucap Danu sambil menggenggam tangan Nola.
            “Dih ngga nyangka deh, ternyata lo romantis banget ya?”
            “Gue emang gini orangnya, tunggu aja kejitan-kejutan gue berikutnya La. Hahaha”
            “Nu, gue mau nyanya serius deh, lo jawab yaa?”
            “Hmmm...” jawab Danu memejamkan matanya.
            “Kita kan udah hampir kelas 3, masa lo ngga mau serius sekolah sih. Bentar lagi kita Ujian terus kita Kuliah, kalo lo gini-gini terus gimana entar kuliahnya Nu?” ajak Nola ke Danu
            “Gampang, gue kan punya lo yang pinter La, lo pasti bisa ngajarin gue”
            “Ini serius Nu, gue ngga mungkin selamanya disamping lo kan, mungkin aja kita entar beda universitas. Lo itu harus belajar sendiri Nu, ngga bisa terus-terusan ngandelin orang lain”
            “Iya iya, bawel banget ya sekarang Nola. Iya besok gue bakal belajar serius biar bisa masuk universitas yang sama kaya Lo. Gue kan pacarnya Nola, jadi gue bakal ngikutin kemana lo pergi”
            Nola agak ragu dengan ucapan Danu, namun ia meyakinkan diri bahwa Danu pasti bakal berubah buat menata hidupnya. Lalu ia mendekatkan dirinya ke pelukan Danu.
            “Eh bentar deh gue punya sesuatu buat lo La” ucap Danu sambil mengeluarkan kotak berwarna pink dari saku jacketnya.
            “Ini apa Nu?” jawab Nola penasaran
            “Udah buka aja ini hadiah pertama gue buat lo”
            Nola pun membuka kotak pink itu, di dalamnya terdapat sebuah gelang vintage dengan ornamen bunga dan lonceng kicil yang bisa berbunyi
            “Ini gelang Nu?” tanya Nola meyakinkan lagi.
            “Iya La, ini gelang tapi ini bukan gelang biasa, gelang ini ada bunganya ini melambangkan elo yang bagai bunga buat hidup gue, terus ini lonceng kecil ini gue, jadi kalo lo lagi kangen sama gue, lo bunyiin aja loncengnya, pasti gue bakal nemenin lo La”
            Jelas Danu sambil memakaikan gelang ke tangan Nola. Dan tak lupa ia memeluk erat Nola dengan seribu senyuman dibawah sinar matahari yang samar-samar akan kembali ke peraduannya.

Kini gelang itu pun masih rapi disimpan Nola di dalam laci mejanya. Ia pun membukanya, dan membunyikannya. Secangkir kopi yang tadi hanya diseruput oleh Nola sudah tandas hingga ke dasarnya.
            “Lo boong Nu, katanya tiap gue kangen kalo gue bunyiin gelang ini lo bakal nemenin gue, buktinya apa, lo ngga pernah dateng lagi sejak hari itu” ucap Nola lirih.
            Danu pun kembali mengirimkan pesannya.
            “Ngga kerasa ya kita udah 7 tahun ngga ketemu. Banyak yang udah berubah ya La”
            “Iya lama banget Nu, tapi semua kenangan dulu masih gue inget semuanya Nu. Apalagi pas hari itu”


            Hari kelulusan pun tiba, Nola dan para sahabatnya lulus dari bangku SMA. Dan Danu tentu saja lulus dengan usaha Nola yang terus menyuruh Danu untuk belajar dan akhirnya meraih predikat lulus di Ujian Nasional. Semua bergembira sambil mencorat-coret baju seragam mereka dengan pilok yang tentu saja sudah menjadi tradisi turun temurun di setiap sekolah manapun. Seminggu sejak hari kelulusan pun berlalu, tiba-tiba Danu mengirimkan sms agar mereka bertemu di Bukit Cinta mereka dulu. Nola memang sengaja datang lebih awal, dengan senyum sumringah di wajahnya dan sebuah gelang yang tak pernah lepas dari pergelangannya, ia setia menunggu Danu yang sudah seminggu tak bisa ia temui. Akhirnya Danu pun datang, namun dengan raut wajah yang berbeda dari biasanya.
            “Hai Nu,  kok lama banget sih lo kan janjian jam 10” rengek Nola
            “Maaf La, gue telat” jawab Danu singakat, ia bingung harus mengatakannya
            “Ada apa si Nu, kok serius banget mukanya, jangan bilang lo mau ngasih gue kejutan lagi” ledek Nola
            “La gue mau ngomong sesuatu ke lo” ucap Danu ragu-ragu
            “Udah sih kalo mau ngomong, ngomong aja, lo kan biasanya ceplas-ceplos” sahut Nola yang tak tau arah pembicaraan Danu kemana.
            “Gue rasa hubungan kita sampai disini aja deh La, gue akhir-akhir ini mikir kayanya gue ngga pantes buat lo, gue punya banyak kekurangan dan ngga sebanding buat lo, kayaknya kita putus aja deh La” akhirnya Danu mengucapkannya, kata yang sangat berat untuk ia lontarkan kepada Nola yang sangat sicintainya itu.
            “Lo ngomong apa sih Nu, ngga sebanding apanya Nu, buktinya kita bisa ngejalanin hubungan kita sampe sekarang, lo pantes buat gue Nu, gue cinta banget sama lo Nu, katanya lo bakal selalu ada di samping gue, lo ngga boleh gini, jangan tinggalin gue” jawab Nola dengan begitu shock-nya atas ucapan Danu.
            “Ngga bisa La, gue juga sayang banget sama lo, tapi gue juga pingin menata hidup gue La, gue mau nyari jati diri gue La, gue mau cari impian gue apa La. Gue Cuma mau ngucapin Thanks banget buat lo karena lo udah sabar banget sama gue, udah bisa ngerubah hidup gue, lo itu emang bunga yanng Tuhan ciptain buat gue, dan gue kayaknya nggak bisa buat jadi lonceng pelindung lo selamanya. Kaloupun kita emang di takdirin bersama, gue yakin waktu bakal ngebawa kita bersama lagi kaya dulu waktu gue pertama liat lo pas MOS dulu La. Thanks La, and I love you”
            Itu kata-kata Danu sebelum pergi meninggalkan Nola. Tak lupa ia pun memberinya kecupan manis di kening tanda sayangnya yang masih mendalam pada Nola. Sejak hari itu Danu sama sekali tak pernah mengontak Nola, bahkan bertemu pun tak pernah. Danu bagai hilang di telan bumi dan tak pernah muncul lagi ke permukaan.



Drrrrttt...drrrttttt...drrrrttt
            Getaran HP Nola yang di taruh di meja membuyarkan semua lamunan Nola akan kenangan hari itu. Sebuah panggilan dengan nomor kontak terpampang jelas bernamakan “My Love” memanggil, tak menunggu lama Nola pun langsung mengangkat panggilan itu dan meninggalkan komputernya masih menyala dengan secangkir kopi yang telah habis dan sebuah gelang berlonceng kecil diatas meja.
            Lalu satu pesan dari Reizo Danuarta kembali masuk :
            “Maafin gue hari itu ya La, jujur gue itu masih sayang sama lo, tapi gue yang dulu nggak bisa apa-apa, karena gue dulu ngga berani memperjuangkan lo La. Dan gue nyesel la, gue ngerasa kaya orang terbodoh yang bisa-bisanya ngelepasin orang kaya lo La. Gue harap lo sekarang masih mau La ngasih kesempatan buat gue mulai dari awal lagi, karena gue pun selama ini masih ngga bisa ngelupain lo La. Lo emang selalu bunga yang mekar di hati gue La, yang selalu memberi warna di hidup gue. La lo mau kan ngasih gue kesempaan?”



Share:

0 comments:

Posting Komentar