Kamis, 20 Agustus 2015

Bisa Kok Sendiri

Source here


Ngapain Al posting jam segini? Stalking orang lu? Enggak kok, lagi donlot drama korea, maklum kuota midnight. Haha

Gue akhir-akhir ini lagi latian sendiri, biar nggak ribet, biar praktis. Tapi masih tetep sih ngerepotin yang lain juga, dikit. Hehe.

Jadi kemarin tanggal 18 gue ada keperluan ke Jogja, dan gue berani ke Jogja sendirian, ya waktu itu sih juga pernah tapi naik travel. Hehe. Dari rumah berangkat ke agen travelnya eh ternyata jam 13.30 WIB gue udah ketinggalan travel terakhir yang ke Jogja. Adanya lagi jam 16.00 WIB itupun travel yang apasih namanya yang pake mobil pribadi itu loh. Duh udah rada panik langsung aja bbm Septi temen yang di Jogja, eh ndilalah udah di bbm, line, telpon, nggak ada yang nyaut. Anak sibuk! Soalnya kalo jam 4 berarti sampe Jogja itu jam 7 malem. Alamaaak –“ Terus telpon Ibuk, itupun telpon pindah tempat dulu ke plaza yang ada signalnya, bilang gini-gini-gini, yaudah nggak papa naik travel yang jam 4, ntar sampe sana minta jemput. Dan akhirnya jadi naik yang jam 4, sementara saat itu posisi masih jam 2. Iya jadi harus nunggu lama, 2 jam cuuuuuyy.

Sendirian, gue akhirnya mending ngisi perut, dari lantai 2 di bawah mall (geli gue kalo nyebutnya mall, haha) yang sebut saja “RITA” gue menyantap makanan gue sambil ngeliatin mobil dan motor yang lewat. Yang naik motor banyak yang pada bawa backpack euy, mesti abis muncak deh, kalo nggak Prau ya Sikunir. Jadi pengeeeen!! Setengah jam  terlewati, padahal makanannya udah abis dari tadi, gue pede-pede ajalah duduk-duduk sambil ngabisin waktu. Saat itu pengunjungnya Cuma sedikit, jadi nggak perlu cepet-cepet pergi. Cuma ada gue, 6 orang mbak-mbak cantik RITA yang lagi istirahat, trus sepasang suami istri dan anak yang nggak lama setelah gue dateng mereka langsung pergi, terus dateng lagi satu ibu-ibu sambil nenteng kantong plastik berwarna kuning bertuliskan RITA.

Pas gue mau beranjak pergi gue liat kejadian yang bikin penasaran, gue pun mengurungkan niat buat pergi. Di jalan itu pinggirnya ada ruko-ruko toko roti dan semacamnya, di depan toko itu banyak kendaraan yang pada parkir. Ada sebuah mobil pick up yang pemiliknya seorang ibu-ibu dengan rambut diikat berbaju coklat dan rok panjang. Dia membawa 2 kantong plastik besar yang berisi banyak barang belanjaan, dan langsung ditaruhnya di belakang. Sebenernya gue Cuma penasaran masa ibu-ibu itu yang mau nyetir mobil pick up tapi ya gue tunggu-tunggu nggak ada sesosok bapak-bapak yang menghampiri dia. Yang ada malah seorang bapak-bapak tukang parkir yang dipanggil ibu itu gara-gara dia nemu hp di belakang mobil pick up-nya. Bukan hp mahal atau semacam smartphone, tapi hp nokia biasa yang banyak dipunyai anak muda buat sms-an atau punya ibu-bapak yang sudah sepuh, yang biasanya Cuma buat telpon anak dan cucunya atau bahkan temannya. Gue nggak bisa denger apa yang mereka bicarakan, tapi menurut spekulasi gue si ibu nanya itu hp siapa, yang dijawab tidak tahu oleh sang tukang parkir. Dan si  tukang parkir balik nanya sama ibu apa ini bukan hp ibu, yang dijawabnya dengan membuka tasnya dan langsung mengeluarkan 2 buah hp yang masih utuh dari tasnya. Gue liat-liat si tukang parkir masih bingung dengan penemuan hp itu. Sementara si ibu malah asyik ngobrol-ngobrol sama pedagang buah. Hp itu kemudian diletakkan kembali di belakang mobil pick up, tapi sepersekian detik berikutnya diambil lagi sama pak tukang parkir. Dan sampe situlah gue memperhatikan penemuan hp itu, karena gue rasa gue udah terlalu lama disitu.

Gue langsung bayar dan naik ke RITA, masuk ke atas ke tempat buku-baju-sepatu-dompet yang gue liat-liatin doang buat ngabisin waktu tapi malah bikin ngiler pengen beli. Tahan al tahaaann!! Udah jam setengah 4 gue turun buat beli aqua-permen-goodtime-tissu. Yang mana buat ngambil 4 barang itu Cuma butuh beberapa menit doang tapi gue lama-lamain sampe seperempat jam. Udah kelar dibayar gue langsung balik lagi ke agen travelnya, dan mobilnya udah siap tinggal nunggu 2 penumpang lagi. Jadi penumpangnya Cuma ada 6 orang sama gue. Di jalan gue udah panik lagi ntar sampe sana dijemput siapa ini, bbm, line, sms sepupu gue minta jemput eh sama aja gue Cuma dicuekin. Disaat gue udah pasrah, Septi temen gue akhirnya bales bbm juga, katanya ntar kalo udah sampe naik tras jogja aja, masih ada kok jam 7an.

Gue nyampe terminal condong catur jam 7 pas, dan Alhamdulillah disana masih banyak penumpang juga yang nungguin transjog, gue nanya kepetugasnya kalo ke portal MM UGM naik apa, dan dia bilang 3A gitu. Lima menit kemudian si 3A dateng dan gue langsung naik, gue membatin kok lancar banget sih nggak nunggu lama. Gue masih tenang-tenang aja sampe si kondektur transjog bilang :
            “Portal biologi, biologi”
Gue masih diem aja.
            “Portal MM UGM siapa tadi yang bilang”
            “Saya pak”
Gue langsung berdiri tegap, perasaan gue bilangnya MM UGM kok malah biologi.
            “Kalo disini portal biologi namanya, mm ugm tuh yang sebelah sana”
Kampreet! Dengan terpaksa gue akhirnya turun di portal biologi, yang terbilang sepi, sepi banget malah, gelap lagi. Gue bingung ini gue yang salah denger apa petugasnya yang salah ngasih tau nomornya sih. Apa kalo yang ke mm ugm udah nggak ada? Ah pusinglah. Gue bbm Septi nggak masuk-masuk, karena disitu signal lemah, buset deh ah ribet banget signal. Telpon via line sama aja. Dengan ke-sok-tahuan, gue jalan aja ngasal pokoknya jalan ke tempat yang rame sambil nyari signal. Serem sih udah gelap sepi banget lagi, walaupun santai aja sih nggak bakal ada apa-apa. Yang gue tunggu dari tadi baru bales sms, nanya aku dimana, ah dari pada ribet ngejelasin aku bilang aja, udah naik transjog mas. Jemputnya besok aja, ada keperluan besok.

Signal udah mending, telpon via line bisa, Septi bilang kalo mm ugm itu sebrangnya biologi jadi gue harus jalan ke arah barat yang langsung diralat jadi timur. Gilak gue buta arah malah dikasih tau timur barat kaya gitu, mana tau gue, dia aja nggak yakin ngasih tau barat apa timur. Dan kampretnya lagi si signal ilang lagi. Ini emang signalnya yang ngajak ribut apa hp gue yang udah edan sih. Begonya gue, saat itu gue ngga kepikiran buat make google maps. Yawislah. Tapi perasaan gue lagi bagus saat itu, gue punya perasaan kayanya gue salah ambil jalan deh. Gue nyebrang dan balik arah lagi. Udah jalan-jalan terus dan akhirnya sang percerah nampak juga lampu jalan maksud gue, gue ngelewatin mm ugm juga, jalan lagi dan lagi gue sampe ke kosannya Septi walaupun pas di lampu merah lagi mau nyebrang ada orang gila lagi, nggak tau teriak-teriak, antara kaya manggil-manggil apa nyanyi. Untung nggak ngejar. Sampe kosan Septi jam 8 lewat langsung mandi dan tepar. Nonton The Maze Runner dulu sih sebenernya. Hehe.

Besok paginya jam 7, gue minta jemput mas sepupu gue minta anterin ke tempat itu, padahal pagi itu ada acara di kampusnya, tapi rela ijin dulu. Hehe. Ngerepotin lu al!! Udah gitu gue lupa tempatnya lagi, seinget gue tempatnya itu ngelewatin bandara pokonya, tapi gue lupa bandaranya di kiri jalan apa kanan jalan, setelah gue liat jalannya,  ternyata tempatnya ngelewati bandara tapi bandaranya di kanan jalan, jadi tempatnya itu jalan masuk di kiri jalan. Acaranya mulai jam 8, untung gue udah siapin semua jadi nggak panik ribut-ribut kayak yang lainnya. Disana gue kenalan sama banyak anak yang cerita gara-gara dia nggak bawa map dia panik dan beli map dengan harga 3ribu padahal sebenernya mapnya nggak dibutuhin, ada yang nggak pake rok dan harus nyewa rok seharga 20ribu. Dan cerita-cerita lainnya, yang mungkin jadi kaya senasib seperjuangan.

Gue selese jam setengah 10 dan langsung sms mas sepupu gue, yang setelah 5 menit kemudian nggak ada tanda-tandanya bakal bales sms. Cuaca panas banget sumpeh, mana perut belum keisi nasi dari kemarin sore. Tapi sih untungnya nggak laper. Gue akhirnya minggir juga ke tempat parkiran depan gedung buat berteduh. Untung ada orang yang udah di jemput jadi gue bisa duduk di bangku bekas dia duduk. Gue nunggu lama, lamaa banget karena gue nyadar gue Cuma ngerepotin jadi gue nrimo aja nunggu, nggak berani telpon. Sampe akhirnya tepos juga bokong gue nunggu lama-lama, jam 11 gue beraniin telpon, dan akhirnya dijemput juga. Awalnya mau minta anterin ke Pasar Gamping karena gue mau langsung pulang aja naik bus gede, iya bus gede, ini juga pertama kalinya, dari Jogja lagi. Soalnya kalo naik travel lagi kayaknya bakal macet, ada karnaval. Tapi eh tapi itu jauh banget sementara mas sepupu gue ini ditungguin temennya. Alhasil gue dianter ke Terminal Concat, dan kan bener travel ke Wonosobo kosong.

Akhirnya ke Terminal Giwangan aja naik transjog lagi, gue yakinin mas sepupu gue kalo gue berani kok naik bus sendiri. Dari terminal concat ke terminal giwangan Cuma naik satu kali, yaitu 3B. Dan pas naik gue baca ditulisannya ada ke mm ugm juga. Nahkan berarti semalem yang salah itu petugasnyakan bukan gue, apa dia ngasih tau 3A karena ke mm ugm sama ke biologi itu sama aja? Cuma sebrangan doang? Tapi buat saya enggak pak!! Apa soalnya kalo naik 3B jadi jauh banget?-__- Karena gue takut salah lagi, maka gue aktifin lah otak gue buat buka google maps direction to Terminal Giwangan. Sepanjang jalan gue pantengin terus google maps kali aja salah jalan ini transjog, arahnya udah bener, di maps sih emang rada jauh, tapi kok di nyatanya emang jauh ya, karena nggak yakin, kali aja hp gue makin edan kaya semalem, maka gue tanyalah ke ibu-ibu sebelah gue yang bawa dedek kecil.
            “Buk, kalau ke  terminal giwangan tuh masih kesana lagi yah buk?”
            “Oh iya deh, adek ikut aja pake ini, entar sampe ke terminal giwangan kok”
            “Iya buk, makasih ya buk”
Lega gue, ternyata bener. Hp gue nggak edan berarti. Ibu-ibu itu pun turun di pemberhentian berikutnya. Masih was-was sih, ternyata nyampe juga di terminal giwangan. Dan penumpang yang lainnya juga banyak yang turun disitu. Lah gue malu banget kan gue panik kirain nggak nyampe, ternyata tujuan mereka sama juga kaya gue.

Disitu jan buta sama sekali, pertama kalinya. Ada bapak-bapak nanya :
            “Jakarta dek jakarta?”
            “Purwokerto pak?”
            “Sebelah sana dek”
Gue langsung jalan ke arah tangan sang bapak, gue jalannya minggir lewat jalan yang ada atapnya, takutnyakan gue bakal ditubruk bus gede kalo gue lewat tengah. Gue liat plang ada tulisan Purwokerto, oh berarti gue bener. Masuk terminal bayar dulu 500 rupiah. Duh terminalnya gede euy, bingung gue. Gue nanya ada bapak-bapak, terus dianter ke bus-nya. Gue yakinin lagi bener ini jurusan yang ke Purwokerto ngelewatin Prembun kan? Dan dijwab mantap sama sang bapak. Kaki udah mau naik, gue nanya lagi kalo ke Prembun berapa, si bapak jawabnya 25 ribu. Oh ya sip berarti bener. Haha. Jadi sebelumnya gue udah persiapan nanya-nanya dulu sama temen gue Fian kalo pulang pake bus dari pasar gamping atau terminal giwangan itu gimana, naik apa, jurusan mana, harganya berapa. Makannya gue adem ayem aja tenang nggak panik-panik amat. Busnya AC enak, nyaman, nggak penuh. Karena gue kira ini busnya berangkat kalo penumpang udah penuh, ternyata enggak. Samping gue aja kosong, jadi gue bebas mau tidur gaya apa diperjalanan. Haha. Karena gue was-was takut kebablasan, gue Cuma tidur satu jam. Abis itu liat-liatin pemandangan dari bus. Sampe Terminal Prembun jam 3, Alhamdulillah masih menangi bus terakhir jurusan Wonosobo. Di bus udah pasang masker mau tidur lagi, eh nggak bisa tidur karena laper. Yaudah, lendean sambil balesin bbm temen, sama ngabarin Septi kalo langsung balik. Sampe rumah jam 5, langsung makan deh. Hehe.

Ternyata gue bisa kok sendirian!!
Share:

4 komentar:

  1. perjalanan sendiri emang seru tapi kadang juga bikin was was bingung gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emaang, apalagi kalo perjalanan yg sampe jauh bgt

      Hapus
  2. kenapa mbak gak di poto pengen tau perjalananya hhihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha, nggak sempet ih. Harusnya diabadikan yaa :)

      Hapus