Rabu, 15 April 2020

,

10 Rekomendasi Film Romantis Korea


Walaupun film-film Korea yang saya tonton kebanyakan adalah genre action, thriller dan sejenisnya tapi ada 10 film romantis Korea yang sangat-sangat bagus dan saya rekomendasikan. Film-film ini banyak yang mengandung bawang, jadi siap-siap tissue ya gais kalau mau menontonnya. Sebenarnya sangat susah sekali untuk memilih 10 saja, tapi karena 10 rekomendasi maka inilah 10 Film Romantis Korea terbaik andalanque. Kita mulai saja:

1. Il Mare (2000)


Cast: Lee Jung Jae, Jun Ji Hyun
Genre: Romance, Fantasy
Director: Lee Hyun Seung

Tentang kisah dua waktu yang terhubung melalui kotak surat di rumah bernama Il Mare. Eun-joo seorang gadis yang akan pindah dari Il Mare meninggalkan sebuah surat untuk pemilik setelahnya, ia berpesan jika ada surat untuk dirinya maka ia meminta untuk dikirimkan pada alamat barunya. Sung Hyun seorang mahasiswa arsitektur menerima surat tersebut dan merasa bingung, karena dialah penghuni pertama rumah yang dirancang oleh Ayahnya itu. Kemudian ia menyadari bahwa surat tersebut tertanggal pada tahun 1999, sedangkan ia hidup di tahun 1997.

Dan kisah pun dimulai, mereka semakin sering bertukar pesan dan semakin nyaman. Sampai akhirnya takdir menentukan. Tidak mudah memang, namun perjuangan tetap harus dilakukan. Film yang sangat hangat dan menyentuh, tidak terlalu menye-menye dan tidak dipaksakan. Walaupun terkesan tidak mungkin tetapi film ini dikemas dengan rapi dan sangat bagus untuk ditonton. Suka sekali!! Ohya, film ini juga pernah diremake oleh Hollywood dengan judul The Lake House pada tahun 2006.

2. The Classic (2003)


Cast: Son Ye Jin, Cho Seung Woo, Jo In Sung
Genre: Romance
Director: Kwak Jae Young

Ji Hye adalah gadis pemalu yang bersahabat dengan Soo Kyeong. Ji Hye sering menuliskan email untuk lelaki yang disukai Soo Kyeong, Sung Min. Kian lama Sang Min mulai menyukai sang pengirim. Kemudian Ji Hye tiba-tiba menemukan kotak berisikan surat cinta milik ibunya. Dalam surat-surat itu menceritakan tentang kisah cinta sang ibu yang hampir mirip dengan dirinya. Bedanya ada dua orang sahabat yang salah satunya mengirimkan surat atas nama sahabatnya yang lain kepada sang ibu.

Kemudian film akan melalui alur yang maju dan mundur. Flashback untuk menceritakan kisah cinta sang ibu dan kemudian kembali pada kisah cinta Ji Hye. Sebuah kisah yang sangat manis sekaligus tragis untuk orang-orang yang tak mampu mengutarakan perasaannya. Namun kisah baiknya kedua kisah itu akan dapat terhubung dengan sangat tak terduga. Sebuah keberpikahan pada cinta yang tulus. Mantappp! Suka sekali dengan alur dan penokohannya. Tidak membuat bingung dan dapat turut simpati dengan kisah keduanya.

3. My Sassy Girl (2001)


Cast: Cha Tae Hyun, Jun Ji Hyun
Genre: Romantic-Comedy
Director: Kwak Jae Young

Bercerita tentang Gyeon Woo (Cha Tae Hyun) yang tidak sengaja bertemu dengan seorang perempuan yang tidak pernah disebutkan namanya. Mereka bertemu di stasiun kereta, kemudian menghabiskan waktu bersama dan mengalami hal yang konyol sampai mereka memutuskan untuk berpisah. Sebelum itu mereka telah mengubur kapsul waktu dan berjanji untuk bertemu dua tahun lagi ditempat terakhir mereka berpisah. Namun hal yang tak terduga terjadi, pertemuan mereka tidak seperti yang diharapkan :"

Sebuah film yang mampu mengaduk perasaan penonton. Dibumbui dengan komedi, film ini berhasil meledak di pasaran dan banyak diputar di berbagai negara saat penayangannya. Pun sampai sekarang telah banyak diremake ke berbagai versi.

4. Windstruck (2004)


Cast: Jun JI Hyun, Jang Hyuk
Genre: Romantic-Comedy
Director Kwak Jae Young

Pertemuan tak terduga terjadi diantara Kyung Jin seorang polwan dan Myung Woo yang seorang guru. Lambat laun mereka semakin dekat dan menghadirkan benih-benih cinta. Namun dengan teganya sebuah takdir mengubah kisah cinta mereka. 

Tentang sebuah proses mengikhlaskan dan menerima kenyataan. Sang sutradara sangat andal membuat kejutan yang sangat menyayat hati dan menguras air mata. 

5. A Werewolf Boy (2012)


Cast: Song Joong Ki, Park Bo Young, Yoo Yeon Seok
Genre: Romance, Fantasy
Director: Jo Sung Hee

Sebuah film yang mengajarkan arti kesetiaan, bahwa insting serigala akan selalu setia dengan wanitanya. Berkisah tentang seorang wanita tua yang mengunjungi pondok di desa tempat ia tumbuh semasa kecil. Ia kemudian mengilas balik masa mudanya, bahwa ia dulu menemukan seorang "anak lelaki serigala". Dengan ketekunannya karena sering ditinggal Ibunya ia dan adiknya sering bermain dengan "anak serigala" itu. Mulai dari mengajari berbagai hal, dan secara tidak langsung mengajari apa arti kasih sayang. Namun hal itu tak berlangsung lama, sebab warga desa semakin resah dan ingin membunuh "anak serigala" tersebut.

Dengan ending yang tidak dapat ditebak, film ini layak sebagai tontonan yang menegangkan sekaligus mengharukan di akhirnya. 

6. Always (2011)


Cast: So Ji Sub, Han Hyo Jo
Genre: Melodrama, Romance
Director: Song Il Gon

Sebuah cerita sederhana yang sangat emosional. Tentang Jang Cheol Min (So Ji Sub) yang terkesan misterius dan tak banyak cakap dengan masalalu yang kelam bertemu dengan gadis buta bernama Jung Hwa yang sangat baik dan lembut. Pertemuan mereka cukup unik, Jung Hwa sering sekali menumpang menonton drama di pos parkir yang sekarang dijaga oleh Cheol Min. Hal itu membuat Cheol Min sedikit canggung namun tetap membiarkannya. Kemudian karena suatu kejadian mereka semakin dekat dan membuat Jung Hwa penasaran dengan wajah Cheol Min. Setelah semakin dekat dan mulai kedekatan, sebuah kenyataan pahit menghampiri mereka. Lebih tepatnya pada Cheol Min yang kemudian mengetahui kebenaran dari penyebab Jung Hwa mengalami kebutaan.

Memang hancur sekali rasanya ketika mengetahui bahwa kitalah penyebab dari orang yang kita sayangi menderita. Namun kisah mereka cukup tragis dan sulit untuk dianggap tidak baik-baik saja. Tentang belajar berkorban walaupun itu melukai diri sendiri. Film ini lengkap sekali dengan perasaan sederhana, menyentuh dan mengharukan. Tetapi pononton akan tetap diberikan sentuhan yang sangat manis di akhir filmnya.

7. Architecture 101 (2012)


Cast: Uhm Tae Wong, Han Gain, Lee Je Hoon, Bae Suzy
Genre: Romance, Period 1990
Director: Lee Yong Joo

Ketika cinta pertama hadir kembali. Seung Min adalah seorang arsitek yang kedatangan klien bernama Seo Yeon yang merupakan cinta pertamanya, Seo Yeon meminta Seung Min untuk mengerjakan rumahnya di Pulau Jeju. Seiring dengan berjalannya proyek tersebut membuat keduanya mengingat kembali masa muda mereka saat mereka sama-sama di kelas Pengantar Arsitektur semasa kuliah. 

Dengan detail film ini mengisahkan tentang kisah semasa kuliah mereka, dan mengapa mereka dulu tidak bisa bersama. Hal inilah yang kemudian membuat Seo Yeon ingin kembali menemui Seung Min. Hal-hal unik dalam film ini sangat manis dan menarik, bagaimana hal-hal kecil itulah yang membuat film ini sangat hidup dan terkenang. Sebuah kisah manis tentang cinta pertama yang tidak pernah mati atau bisa jadi tentang cinta pertama yang tidak pernah terlupakan. Saya juga pernah mendengar istilah bahwa cinta pertama pasti selalu gagal. Dan saya yakin hal itu terbukti nyata di berbagai kasus :"

8. A Moment to Remember (2004)


Cast: Jung Woo Sung, Son Ye Jin
Genre: Romance, Melodrama
Director: John H. Lee

Diremake dari film Hollywood dengan judul yang sama, film ini berhasil membuat penonton menangis sesenggukan setelah menontonnya. Saya kira wajib bagi semua orang yang baru saja menonton Crash Landing on You (2019) untuk menonton film Son Ye Jin yang satu ini. Mengisahkan tentang kisah cinta Kim Su Jin dan Choi Cheol Su seorang pegawai kontruksi yang mengharu biru. Awal pendekatan mereka sangatlah lucu dan manis, kemudian saat kehidupan setelah mereka menikah masalah timbul dan sangat rumit. Dengan divonisnya Su Jin menderita Alzheimer, keadaan mulai berubah dan membuat penonton harus menyediakan tissue lebih banyak. 

Memang film dengan tema Alzheimer akan selalu sukses membuat air mata banjir dan sesenggukan. Tapi film ini beda, penonton akan ditunjukkan bagaimana sabarnya dan cintanya Cheol Su demi mengurus Su Jin dengan baik walaupun Su Jin tak dapat mengenalinya.

9. Maundy Thursday (2006)


Cast: Kang Dong Won, Lee Na Young
Genre: Romance, Melodrama, Prison
Director: Song Hae Sung

Yun Soo, seorang terpidana mati atas dakwaan pembunuhan sudah menyerah dan menyesali hidupnya harus bertemu dengan Yu Jeong, seorang professor perempuan yang selalu mengunjunginya setiap hari Kamis untuk sesi kerohanian. Sebenarnya ia hanya menggantikan bibinya saja yang seorang biarawati. Namun akhirnya Yu Jeong semakin tertarik untuk menemui Yun Soo. Kemudian keduanya lambat laun semakin dekat dan saling menanti pertemuan tersebut. Sama-sama mengalami kisah yang tragis membuat mereka sama-sama saling mengerti satu sama lain dan berbagi kisah. 

Dengan kisah masing-masing dari tokoh yang cukup tragis dan sedih, film ini berhasil dalam membuat suasana semakin mellow. Memiliki seseorang untuk berbagi membuat keduanya semakin menghargai hidup dan menikmati hidup yang belum pernah mereka rasakan. Namun saat film mulai memasuki paruh terakhir, perasaan penonton dibuat campur aduk semakin menjadi-jadi dan membuat menangis tak tertahankan melihat kenyataan tentang Yun Soo. Bagaimana  sebenarnya Yun Soo ingin hidup :"

10. The Beauty Inside (2015)


Cast: Han Hyo Jo dan sederet aktor papan atas
Genre: Romance, Fantasy
Director: Baek Jong Yeol

Film yang mampu menampilkan deretan aktor papan atas. Berkisah tentang Woo Jin yang memiliki keanehan bahwa dia akan selalu berubah menjadi orang lain setiap kali dia bangun pagi. Kemudian dia jatuh cinta pada perempuan bernama Yi Soo. Bagaimana reaksi Yi Soo pada rahasia yang dimiliki oleh Woo Jin dan bagaimana dia bisa menerima keadaan Woo Jin atau justru menjauhinya tergambar jelas di film ini. 

Pada saat penayangannya, film ini menjadi banyak perbincangan karena memiliki cast yang banyak dan ide yang jangat menarik. Tentang sebuah menerima apa adanya dari pasangan dan memahami diri sendiri. Keren sekali ide filmnya, dan tentu saja membuat haru :"

***

Sebenarnya masih lebih banyak lagi film bergenre romantis dari Korea sana yang sangat bagus. Contoh yang lainnya adalah: Be With You, Don't Forget Me, Time Renegades, Will You Be There? dan yang lainnya. Tapi kalau harus mengulasnya semua saya tidak sanggup. HAHAHA. Atau mungkin nanti akan saya buat jilid keduanya saja. 

Mari menonton film yang banyak agar tidak bosan #DiRumahAja. Semoga sehat selalu kita semua~
Share:

5 komentar:

  1. Windtsruck!!! Huhu jd inget dl nntnnya pas sma

    Btw ini ada film yg bintangnya Cha Tae Hyun kudu nonton ah. Huhu keep dlu di wishlist 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak, aku juga dulu nontonnya jaman sma. HAHAHA

      Iya kak Cha Tae Hyun, ada juga film jadul dia judulnya Lovers' Concerto juga bagus. Hihi

      Hapus
    2. Sama yg always. Aku dl trnyata nntnnya cukup giat ya huhu skrng dah sulit. Soalnya dl tinggal nntn ada yg donlotin wkwkwk.

      Wah boleh tuh. Wishlist ku nambah :')

      Plng yg ga bisa mupon tu yg Hello Ghost sangat berkesan. Dleweran aku nyeseg bgd

      Hapus
    3. Wahhh, enak bener dulu ada yang donlotin kak. WKWKWK

      Ah iya Hello Ghost ini bikin banjir bgt sih, padahal awalnya ngakak bgt busettt, eh ternyata endingnya dibikin banjir dan nyesekkk. HUHU

      Hapus
    4. Iya dek kan main ke warnet tuh biasanya mas OP nya uda pny koleksi banyak bgd wkwk.

      Iyaa huhu konyol bgd asli. Aku nangis sampe seseg. Ah gila bgd tp wkt itu anehnya kok aku ga bs nebak ya. Bener2 ga nyangka klo itu smw keluarganya :')

      Hapus