Senin, 06 April 2020

, ,

Review Korean Drama: Itaewon Class (2020)


Rasanya perlu sekali untuk membahas drama korea satu ini. Ditengah badai yang mengakibatkan lockdown ini, nonton film adalah hal yang paling akrab dan mudah untuk dilakukan. Sambil duduk ayo, rebahan ayo, salto juga ayo. Semenjak banyak sekali drama korea yang tayang di Netflix, aku rasa banyak orang yang kaget drakor. Dalam artian sekarang banyak yang jadi demen drakor. Ya suka-suka orang sajalah, karena memang seseru itu nonton drakor. Drama yang akhir-akhir ini populer adalah Crash Landing on You, Kingdom, dan Itaewon Class. Disini aku mau bahas tentang Itaewon Class.


Itaewon Class adalah drama JTBC yang tayang mulai 31 Januari sampai 21 Maret 2020. Diangkat dari webtoon dengan judul yang sama, drama ini berhasil meraih rating tertinggi dalam penayangan episode terakhirnya. Sebuah prestasi yang besar bagi tv kabel di Korea sana. 

Itaewon Class berpusat pada Park Saeroyi dalam upayanya untuk membalas dendam kepada Presdir Perusahaan Jangga yang telah merenggut seluruh hidupnya. Aku sendiri menonton drama ini karena suka dengan Park Seo Joon yang menjadi pemeran utamanya. Awalnya aku belum tertarik menontonnya, cuma download-download saja ngabisin kuota. Gaya bangettt. Tapi semakin kesini semakin rame, akhirnya setelah tamat, barulah aku marathon untuk menontonnya. Dan hanya membutuhkan waktu 4 hari untukku menamatkannya. Hihi

SINOPSIS:
Menceritakan tentang mantan terpidana Park Saeroyi yang hidupnya hancur setelah dikeluarkan dari sekolah dan harus ditinggal mati oleh Ayahnya dalam kecelakaan yang disebabkan oleh Jang Geun Won. Park Saeroyi sendiri sangat memendam dendam kepada Perusahaan Jangga karena merekalah yang telah membuat hidupnya seperti itu. Dalam prosesnya yang panjang, setelah ia keluar penjara ia mulai merancang mimpinya dan membuka bar bernama DamBam di Itaewon. Itaewon sendiri merupakan jalanan di Seoul yang diklaim menjadi pusat kehidupan malam dan  banyak orang kesana untuk bersenang-senang. Dan tentu saja biaya sewa toko disana sangatlah mahal. Dalam perjalanan menggapai mimpinya ia harus menghadapi banyak sekali cobaan yang bertubi-tubi.


PEMERAN:

Park Seo Joon sebagai Park Saeroyi
Pemilik kedai DamBam. Seseorang yang memiliki ambisi besar untuk balas dendam kepada Presdir Jangga. Dia ini sangat-sangat baik, dan idealis. Bucin sekali pada Oh Soo Ah si cinta pertamanya selama 10 tahun. Dalam drama ini Park Seo Joon benar-benar berhasil memerankan setiap emosi dengan sangat apik. Bagaimana ia mengekspresikan kekecewaannya, rasa marah, rasa dendam, dan rasa kesepiannya.


Kim Dami sebagai Jo Yi Seo
Manajer kedai DamBam. Seseorang yang didiagnosa memiliki kecenderungan sosiopat. Bagi sebagian orang mungkin akan membenci karakter Yi Seo ini, gadis muda yang sama sekali tidak memiliki empati, kalau bicara ceplas-ceplos dan semua keinginannya harus ia dapatkan. Baru sekali nemu karakter cewek pemeran utama yang seperti ini. Keren banget sih menurut ku. Dan Kim Dami, dia bisa jadi karakter Yi Seo yang bisa bikin banyak orang ngehate dia. Kasian. Berarti sukses banget dong akting dia, sampai banyak orang yang benci sebegitunya. Pasalnya kalau tanpa Yi Seo adalah hal yang mustahil DamBam bisa maju dan jadi besar. Dia penentu keseluruhan cerita jadinya. 


Yoo Jae Myung sebagai Jang Dae Hee
Presdir Perusahaan Jangga. Pemilik perusahaan makanan nomor satu di Korea. Yang bisa melakukan apa saja dengan kekuasaannya tersebut. Termasuk menutupi kasus anaknya Jang Geun Won yang menyebabkan Ayah Park Saeroyi mati dalam kecelakaan. Dengan tekat dan ambisinya, Presdir Jang berhasil membuat perusahaan besar dan sukses hanya dari sebuah kedai yang kecil. Dia adalah karakter yang menyebalkan sekaligus dapat memotivasi Park Saeroyi untuk berkembang secara tidak langsung. Kakek-kakek jahat sekali.


Kwon Nara sebagai Oh Soo Ah
Kepala Tim Perencanaan Strategi di Perusahaan Jangga. Si cinta pertama Park Saeroyi. Tumbuh besar di panti asuhan membuat Oh Soo Ah terlatih untuk bisa bertahan hidup dan realistis di segala situasi. Ayah Park Saeroyi adalah orang yang sudah dianggap sebagai ayah sendiri bagi Soo Ah dan ia juga sangat terpukul dengan kematian Ayah Saeroyi. Banyak juga yang benci dengan karakter Soo Ah, katanya musuh dalam selimut. Hanya karena ia menerima beasiswa dari Perusahaan Jangga dan bekerja disana. Menurutku ia adalah sosok wanita yang tangguh. Bayangkan saja mau siapa lagi yang memperjuangkan hidupnya selain dirinya sendiri. Seorang anak dari panti asuhan yang tidak mempunyai siapapun. Nyatanya dia sanggup untuk bertahan walau dalam tekanan. Menurutku dia juga yang paling berhak bahagia, she deserves better :" walaupun ia terkesan menghianati Saeroyi. Tapi untung saja Saeroyi adalah orang yang sangat baik, ia tetap baik-baik saja. Kalau orang lain kujamin pasti dia sudah dicampakan. Hahaha


Ahn Bo Hyun sebagai Jang Geun Won
Putra pertama Presdir Jangga. Teman sekelas Park Saeroyi yang telah menyebabkan kecelakan Ayah Park Saeroyi. Seseorang yang salah didikan hanya karena dia anak orang kaya. Jang Geun Won juga memiliki rasa suka pada Oh Soo Ah. Sampai menjelang episode akhir aku masih berharap hidup dia berubah, tapi nyatanya dia tetap bangsta sampai akhir, menyesal berharap lebih sama dia. Huhu

***





Sebenarnya, aku baru bisa memutuskan bahwa Itaewon Class seru itu setelah episode 6. Awalnya masih terkesan biasa saja. Tapi setelah episode 6 banyak sekali gebrakan dan strategi yang muncul dan membuat semakin seru. Sehingga aku memutuskan untuk terus melanjutkan sampai tamat. 

Menonton drama ini rasanya kita diperlihatkan dengan banyak kegigihan dan kebaikan dari Park Saeroyi. Bagaimana ia berani bermimpi dan membalaskan dendamnya. Tapi dibalik ambisinya untuk balas dendam itu adalah bagaimana proses dia untuk meredam amarahnya. Sebab setelah kejadian itu yang ada pada dirinya hanyalah rasa amarah, kekecewaan dan kesepian. Dan dia berhasil melumpuhkan semua rasa itu pada akhirnya. 

Aku tentu saja menjadi Tim Soo Ah, entah kenapa dia adalah karakter yang paling kasihan setelah Saeroyi. Dan tentu saja dia berhak bahagia. Selain itu pegawai-pegawai di DanBam juga punya peran dan porsinya masing-masing. Oh ya satu lagi, semua OST dalam drama Itaewon Class bagus-bagus sekali, aku suka.

Itaewon Class menjadi salah satu drama terbaik tahun ini menurutku. Bagus sekali, banyak pelajaran yang dapat diambil. Recommended!✨
Share:

0 comments:

Posting Komentar