Jumat, 18 September 2015

Calon Sarjana Katanya



 Jadi sekarang sudah jadi mahasiswa? Sang pengejar topi toga yang katanya calon  Sarjana? Akhirnya setelah nganggur gue ngelanjutin kuliah juga. Dengan pengorbanan ditolak berbagai perguruan tinggi negeri, gue akhirnya terdampar di perguruan tinggi swasta di kota sebelah.  Berat memang, dengan melihat teman-teman yang rata-rata dapet perguruan tinggi negeri, tapi  yasudahlah ya, takdirnya di swasta ya terima saja.
            Universitas Muhammadiyah Purworejo. Yak, UMP dengan jurusan Pendidikan Matematika gue bakal mengangsu ilmu disana. Walau awalnya lebih berminat ke Bahasa Inggris-nya, gue yang terkesan terpaksa masuk matematika Insya Allah bakal dengan ikhlas kok menjalaninya. Dan yang paling mendasar sih gue jadi anak kos sekarang, setelah 19 tahun kurang 1 bulan ini tinggal bareng orangtua. Hal yang baru lagi, yang biasanya kalo pagi dibangunin bapak, sekarang bangun sendiri dengan alarm suara adzan yang sangat jelas di belakang kos. Iya, kos gue belakangnya ada Masjid kecil dan kamar gue di paling belakang, jadi kalo ada suara adzan jelas banget kedengeran, Alhamdu? Lillah...
            OSPEK? Sebagai mahasiswa baru tentu mengalami yang namanya OSPEK. Yak, nggak usah bertele-tele lah ya menjelaskan OSPEK yang panjang lebar itu dengan berbagai cerita dari berbagai versi yang terkesan kejam, dan lebih seperti perpeloncoan. UMP mengusung nama PPKKMB untuk mengganti nama OSPEK tersebut, biar kesannya berbeda, begitu kira-kira.
            Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru. Ada 50 kelompok dan gue kebagian di Kelompok 4 karena nama gue awalannya A dengan nama-nama yang hampir mirip, dan yang asik lagi nama Alfi di Kelompok 4 itu ada 4 anak, gue, Alfi Sabela R, Alfian Maulana S dan Alvi Kurnia N. Bingung dah tuh manggilnya, tadinya mau dipanggil Alfi 1, Alfi 2, Alfi 3, tapi akhirnya dipanggil Alfi, Bela dan Nia biar gampang katanya. Pemandu? Kelompok kita kebagian pemandu cewek namanya Mbak Khoirun Nisa anak Pend. Fisika semester 5, cantik!!! Hehe.
            Nah selama 4 hari ini gue deket banget sama Sara dan Amalia, nggak tau klop aja sama mereka, curhat bareng, sama anak-anak yang lain juga, walaupun pendiem-pendiem cerewet juga sih, cowoknya Cuma 6 anak lagi, jadi gampang diapalin, dan total Cuma 17 anak doang. Oh iya pemandu MASTA gue namanya Mbak Ismi, anak Pend. Matematika semester 3. Orangnya manis!!
            Dua hari pertama, biasalah Cuma materi di Auditorium yang kadang bikin ngantuk. Dan yang bikin gue geli, gue ngerasa sedikit di-doktrini-sasi dengan kemuhammadiyahan. Lumrah lah ya, orang sekolah Muhammadiyah. Tapi okelah, diikuti saja prosesnya. Hari ke 3 nih yang paling asyik, ada Perform dari setiap UKM serta kunjungan stan UKM, 14 UKM jumlahnya, dengan pertunjukan yang seru dan bikin bingung pengen diikutin semuanya. Yang paling bikin merinding itu MAPASURI, Mapala Surya Rimba. Keren banget mereka sumpah, foto-foto mereka naik gunung, menyusuri gua, naik tebing banyak deh, pengen ikut, tapi Cuma pengen ikut aja, taulah konsekuensinya pasti bakalan capek banget, jadi kalau ikut MAPASURI Cuma dipendam sajaalah ya. Hehe. Sayang pas mereka perform nggak boleh main hp, jadi nggak bisa foto-foto, padahal keren-keren loh.
            Tampilan dari UKM Pramuka sama UKM (KSR) Korp Suka Rela juga keren, kompak banget, jogetannya asyik, menghibur banget, haha. UKM Theater Surya, UKM Surya Sagita juga nggak kalah kerennya. Dan yang gue tunggu-tunggu, UKM Jurnalistik Sinar Surya, udah direncana aja, besok kalau kuliah pokoknya pengen masuk UKM Jurnalistik, dan ya gue bakal daftar UKM Jurnalistik dulu, buat tambahan apa lagi ya? UKM Tapak Suci? Pikir-pikir lagi deh ya, masih banyak yang lain juga, ada UKM Sains dan Tekhnologi, UKM English Student Centre, UKM PIK-MA, UKM KopMa, UKM Olahraga, UKM Resimen Mahasiswa (MENWA) yang super duper nggak kalah keren dari anggota militer, dan yang terakhir IMM tentunya, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah. Bingung kan mau ikutan apa aja, sok-sokan banget ya, kuliah aja nggak tau bakal keurus apa enggak.
            Dan hari ke-empat namanya MASTA, Masa Ta’aruf dengan seluruh IMM di UMP. Setelah itu penutupan PPKKMB, dan akhirnya diresmiin juga jadi mahasiswa/i. Langsung pake Almamater dan berfoto-foto ria deh. Sediiiiih pisah sama mereka yang udah empat hari bareng. Jurusan kita beda walaupun ada yang sama juga, tapi kan hidup harus tetap berjalan kan? Jalani saja.

Dan hari ke lima, ada acara Pawai Ta'aruf Milad UMP ke 51, kita semua jalan kaki muterin jalan disekitar UMP. Nggak capek-capek amat sih, mungkin kita udah kebal yaa, haha. Ada doorprize juga, dan gue nggak dapet apa-apa. Hadiah utama ada Sepeda, TV, HP, Kipas Angin, kan lumayan tuh kalo yang dapet anak kos. Bukan rezeki memang. Haha




Share:

0 comments:

Posting Komentar