Minggu, 23 Juni 2019

, , ,

Review Korean Movie: Chronicle of a Blood Merchant (2015)


Cast: Ha Jung Woo, Ha Ji Won, Nam Da Reum
Director: Ha Jung Woo
Realese Date: January 15, 2015
Runtime: 124 min
Genre: Family, Comedy, Drama

Menonton film ini karena yang main adalah Ha Jung Woo. Aktor yang sudah malang melintang diberbagai perfilman Korea Selatan. Selain menjadi pemain, dalam film ini dia juga menjadi sutradara sekaligus penulis naskah. Keren nggak tuh.

Berdasarkan novel China dengan judul yang sama karangan Yu Hua, film ini menceritakan tentang Heo Sam Gwan (Ha Jung Wo) seorang pemuda yang tinggal pada masa setelah perang Korea di tahun 1953. Kemudian ada Heo Ok Ran (Ha Ji Won) perempuan paling cantik di desa dan penjual popcorn. Tapi sayangnya ia sudah punya pacar bernama Ha So Yong.

Di desa tersebut dipercaya bahwa seorang pria belum boleh menikah jika belum menjual darahnya (donor darah). Karena jika seorang pria sudah menjual darahnya maka sudah dapat dipastikan bahwa dia sehat dan boleh menikah. Sam Gwan yang berniat menikahi Ok Ran akhirnya memberanikan diri untuk menjual darahnya. Setelah mendapatkan uang, ia langsung melamar Ok Ran, dan menikahinya.



11 tahun kemudian Heo Sam Gwan dan Ha Ok Ran hidup bahagia dengan dikaruniai 3 orang anak laki-laki yang sangat lucu dan baik hati; Heo Il Rak, Heo Yi Rak, dan Heo Sam Rak. Namun hal itu berubah setelah beredar sebuah rumor yang tak mengenakkan tentang anak pertama mereka Heo Il Rak (Nam Da Reum). Rumor tersebut menyatakan bahwa Heo Il Rak bukanlah anak kandung dari Heo Sam Gwan. Akhirnya kebenaran itu dibuktikan dengan tes golongan darah dari Il Rak, dan hasilnya benar memang Il Rak bukanlah anak kandung Sam Gwan, melainkan anak dari Ha So Yong mantan pacar Heo Ok Ran. Dari sini semua berubah, Sam Gwan mulai tidak menganggap Il Rak, sampai Sam Gwan menyuruh Il Rak untuk memanggil Sam Gwan dengan sebutan ahjussi, bukan lagi dengan abeoji.



Il Rak memang anak yang baik, setelah diperlakukan dengan sebegitunya oleh Sam Gwan, ia tetap saja bertahan di rumah, tidak kabur maupun marah. Ia masih saja memperjuangkan dan berusaha membuktikan bahwa dia juga layak untuk mendapatkan kasih sayang dari Sam Gwan, seperti kedua adiknya.

Separuh pertama film memang terasa membosankan dengan cerita yang monoton, sampai akhirnya konflik lain pun hadir. Di sini, terlihat betul bahwa Il Rak sangat menyayangi Sam Gwan. Terlihat bagaimana ia bersikeras untuk dibawa pergi oleh Sam Gwan. Pada adegan ini sangat menguras air mata. Tentang kasih sayang anak kepada ayahnya. 

Tapi, nyatanya cerita tidak berakhir disitu. Hal yang tak terduga terjadi lagi kepada Heo Il Rak. Dan disini giliran Sam Gwan yang harus berjuang berkali-kali :"



***

Oh iya, di film ini juga muncul Yoo Eun Hye yang berpenampilan berbeda. Asli lucu, dibuat gendut begitu. Dan pipinya juga cubby sekali.


Secara keseluruhan, meskipun di awal cerita terasa membosankan, namun setelah separuh terakhir, nyawa dari film ini muncul dan membuat film ini menjadi sangat tidak mengecewakan. Nam Da Reum yang berperan sebagai Il Rak juga sangat bagus aktingnya. Sempat menduga bahwa arah cerita ini adalah tentang sebuah kesalah pahaman. Tapi itu hanya kesoktahuan saya dan harapan saya saja. Nyatanya cerita malah dibanting ke arah yang lebih kompleks mengenai hal-hal dalam menerima kenyataan. 

Selain itu hal yang sedikit mengganjal lainnya adalah reaksi hubungan Sam Gwan dengan Ok Ran yang biasa saja, setelah mengetahui kebenarannya. Sam Gwan malah lebih membenci Il Rak daripada Ok Ran istrinya yang jelas-jelas melakukan kesalahan. Namun hal itu termaafkan dengan diberikan ending yang begitu hangat. Film ini sangat cocok untuk ditonton bersama keluarga.


Share:

0 comments:

Posting Komentar