Jumat, 29 Maret 2019

, ,

Review Anime: Menonton Anime dalam 3 Babak


Jadi jadi jadi, setelah mengurangi nonton drama korea, sekarang malah jadi ketagihan nonton anime. Hal ini diawali tahun lalu sih, tahun lalu saya banyak banget nonton anime movie. Eh waktu nyobain anime series beberapa minggu lalu malah jadi ketagihan.

Pada dasarnya memang doyan nonton, jadi gampang tertarik. Waktu semester 3 kalau nggak salah pernah juga direkomendasikan salah satu anime terkenal, karena belum tertarik, jadi ya cuma mengendap di folder film, keburu netbook saya rusak belum ditonton juga.

Dan disini saya mau membahas tentang 3 Anime Series yang selesai saya tonton beberapa waktu ini.

Babak pertama adalah: 
AnoHana (2011)
Episodes: 11
Duration: 22 min/ep
Aired: 15 April - 24 June 2011
Studios: A-1 Picture
Genres: Slice of Life, Supernatural, Drama

Mendapat rekomendasi anime ini secara tidak langsung dari akun twitter WatchmenID panutanque. Waktu itu mereka memposting sebuah adegan anime yang diberi keterangan "Tempat menangis terbaik".
Saya yang notabene suka dengan film-film atau tontonan yang menguras air mata tentu saja auto tertarik. Setelah tahu judul animenya langsung cari-cari ulasannya dan langsung penasaran.

Anime ini menceritakan tentang Menma yang sudah meninggal karena suatu kecelakan di masa kecil, kemudian 'arwah'nya muncul di hadapan Jintan teman masa kecilnya. Jintan merupakan orang yang yang tidak mau bersosialisasi karena trauma oleh suatu hal, bahkan untuk masuk sekolahpun dia tidak pernah. Singkatnya diantara sahabat kecil mereka yang bisa melihat Menma hanyalah Jintan. Setelah kematian Menma di masa kecil, persahabatan mereka terpecah dan mereka tumbuh masing-masing. Kemudian setelah kemunculan 'arwah' Menma para sahabat masa kecil tersebut bersatu kembali untuk menyelidiki hal apa yang diinginkan Menma saat kecil, sehingga menyebabkan 'arwah' Menma muncul. Nah di endingnya ini yang bisa membuat banjir air mata :"


Menonton anime ini membuat saya takjub. Takjub karena melihat tingkah Menma yang 'terlalu' cute. Asli saya heran lihatnya. Menma ini tipe-tipe cewek manja menggemaskan. Dan cowok-cowok pasti tidak bisa menolaknya. Haha.


Babak kedua:
Erased (2016)
Episodes: 12
Duration: 23 min/ep
Aired: 8 Jan - 25 Mar 2016
Studios: A-1 Picture
Genres: Mystery, Psychological, Supernatural, Seinen


Setelah puas dengan menonton AnoHana, jadinya saya mulai mencari rekomendasi anime bagus lainnya. Dan saya menjatuhkan pilihan ke Erased (Boku Dake ga Inai Machi) yang berarti Kota Tanpa Adanya Diriku. 

Menceritakan tentang Satoru seorang penulis manga berusia 29 tahun yang bisa dibilang tidak sukses. Ia kemudian memiliki pekerjaan sambilan sebagai pengantar Pizza. Satoru ternyata mempunyai kemampuan supernatural yang disebut dengan Revival. Dengan kemampuannya ia bisa kembali ke masa lalu atau bahkan hanya ke 5 menit sebelumnya, hal ini terjadi jika ada suatu kejanggalan yang bisa menybabkan kecelakan, maka kemampuannya akan muncul.


Singkat cerita ia kembali ke masa lalu, ke masa kecilnya. Hal ini terjadi karena ia mendapati ibunya terbunuh oleh seorang pembunuh yang dulu pernah melakukan penculikan kepada 3 teman Satoru di masa kecil. Jadi untuk menyelamatkan ibunya, Satoru harus mencegah penculikan pada temannya tersebut. Menonton anime ini benar-benar dibuat campur aduk perasaannya. Perasaan haru karena miris melihat salah satu nasib teman kelas Satoru yang bernama Hinazuki Kayo. Anak sekecil itu harus merasakan hal yang sangat tidak menyenangkan. Disitulah perjuangan Satoru dimulai. Bagaimana ia bisa mencegah penculikan teman-temannya dan menyelamatkan ibunya. Seru sekaligus tragis. Dan maksud dari judul Kota Tanpa Adanya Diriku berasal dari puisi yang ditulis oleh Kayo, berdasarkan apa yang dirasakan olehnya. Sedih :"


Cerita dengan genre time travel atau penjelajahan waktu merupakan favorit saya. Walaupun banyak sekali konsekuensi perubahan takdir di masa depan yang bisa signifikan. Tapi saya tetap menikmatinya. Anime ini memang layak sekali untuk ditonton. Dari segi cerita misterinya memang membuat penonton ikut menebak-nebak siapa penjahatnya. Walaupun bisa ditebak, ada beberapa bagian yang bisa miss dan meragukan bahwa seseorang itu penjahatnya. Recommended!!


Babak ketiga:
Violet Evergarden (2018)
Episodes: 13 + OVA
Duration: 23 min/ep
Aired: 11 Jan - 5 Apr 2018
Studios: Kyoto Animation
Genres: Fantasy, Drama, Slice of Life

Didaulat menjadi salah satu anime terbaik tahun 2018 kemarin, Violet Evergarden menceritakan tentang gadis bernama Violet yang selalu menuruti semua perintah dari Mayor Gilbert. Kemudian ia dipekerjakan di militer karena kemampuan tempurnya yang sangat luar biasa. Setelah perang besar usai ia ternyata harus berpisah dengan Mayor Gilbert, dan harus mengikuti Kolonel Hodgins rekan Mayor Gilbert di militer untuk bekerja di Perusahaan Pos C.H.

Disana ia tertarik untuk menjadi Auto Memories Doll, seseorang yang bekerja untuk menulis perkataan atau perasaan orang lain ke dalam sebuah surat. Dari situ ia ingin memahami semua jenis perasaan, terutama mencari makna tentang 'cinta', kata yang ia dengar dari orang-orang dan kata yang pernah diucapkan juga oleh Mayor Gilbert kepadanya.


Di anime ini benar-benar menggambarkan bagaimana proses Violet dalam menjelajah dan memahami arti 'cinta' yang sebenarnya. Perjuangannya tidak mudah, mengingat Violet yang merupakan mantan tentara dan terkesan kaku tanpa memiliki emosi. Banyak sekali momen-momen menyedihkan yang terjadi, terutama saat ia tahu kenyataan tentang Mayor Gilbert, bagaimana akhirnya ia tahu bahwa satu-satunya pegangan hidupnya menghilang. Dunianya hilang. Hancur. Begitupun dengan cerita-cerita dari klien Violet yang tidak kalah harunya. 

Dengan cerita yang bisa membuat penonton mengasihi nasib pemeran utama, dan menghargai perjuangannya, Violet Evergarden memang cukup layak untuk dijadikan anime terbaik tahun 2018 lalu. Ditambah dengan OST yang sangat bagus. Untuk openingnya lagu berjudul Sincerely dinyanyikan oleh penyanyi perempuan bernama TRUE. Dengan lirik yang benar-benar menggambarkan perasaan Violet, lagu tersebut bisa menyentuh penontonnya dengan cara yang magis. Dan lagu penutupnya berjudul Michisirube dinyanyikan oleh Minori Chisara juga tak kalah mellownya :"

Btw, untuk lagu openingnya saat penyanyinya tampil live pun sangat stabil dan powerful, merinding dengernya. Bagus. Bisa dibilang amazing sih memang anime ini. Sugoiiiii 😍😍😍


Yah itulah tiga anime series pertama yang sepertinya akan membawa saya terjun ke dunia per-anime-an. Ketagihan banget, gwela sih. Hahaha

Share:

0 comments:

Posting Komentar