Minggu, 31 Maret 2019

, , ,

Review Anime: Tentang Menghargai Hidup dalam Anime Movie Colorful


Type: Movie
Realese date: Aug 21, 2010
Duration: 127 minutes
Director: Keiichi Hara
Studios: Sunrise, Ancension
Genres: Slice of Life, Supernatural, Drama

Anime movie yang diambil dari novel dengan judul yang sama karya Eto Mori ini menceritakan tentang seseorang yang telah meninggal dunia kemudian mendapat kesempatan untuk hidup kembali atau reinkarnasi. Dengan syarat ia harus mengingat kembali dosa apa yang telah ia perbuat. Karena ia kehilangan ingatan semasa ia hidup di bumi. 


Ia ditemani oleh PuraPura seorang ‘malaikat’ yang menuntun dan menjelaskan berbagai hal padanya.
Kemudian ia masuk ke dalam tubuh Kobayashi Makoto. Makoto adalah anak yang melakukan percobaan bunuh diri, untuk itu sebelum ditakdirkan meninggal tubuhnya bisa diambil alih agar bisa digunakan oleh arwah lain.


Makoto adalah anak yang sering menyendiri. Setelah merasuki Makoto, lama-kelamaan ‘ia’ mulai penasaran dan peduli dengan kehidupan asli Makoto yang sebenarnya. Dan mengesampingkan tujuan utamanya untuk mengingat dosa apa yang telah ‘ia’ perbuat. ‘Ia’ mulai memahami bagaimana Makoto dihadapan keluarganya, bagaimana kegiatan Makoto di sekolah, dan ‘ia’ juga penasaran mengenai penyebab yang membuat Makoto bisa memutuskan untuk bunuh diri.

Dengan durasi 127 menit, anime movie ini mengisahkan cerita dengan sangat runtut dan detail. Menggambarkan bagaimana kehidupan remaja yang penyendiri dan tidak memiliki teman. Bagaimana pikiran-pikiran yang bergumul di kepalanya. Bagaimana remaja bisa memutuskan untuk bunuh diri.


Mampukah ‘ia’ mengingat kembali siapa dirinya dan apa dosa yang ‘ia’ perbuat? Dan bagaimanakah akhir dari Makoto setelah ‘ia’ mendapatkan ingatannya kembali? Silahkan ditonton.

Film ini terlihat jelas kalau anti-suicide, mengingat banyak sekali kasus bunuh diri di Jepang. Dan menggambarkan berbagai macam kepribadian yang dimiliki seseorang. Warna-warni kehidupan, dan warna-warni kepribadian. Colorful.

Sepertinya film ini memang pantas untuk dijadikan salah satu anime movie yang wajib ditonton juga, dengan tema yang kompleks tentang kehidupan dan kematian tentu akan membuka pemikiran orang banyak.

Oh ya, ternyata ada juga sebuah film Thailand yang akan tayang di Indonesia pada 10 April 2019 berjudul Homestay. Film ini juga terinspirasi dari novel Colorful yang sama. Film Homestay diperankan oleh Jamy James. Sepertinya akan menarik mengingat film ini dibuat oleh produser Bad Genius dan sutradara Shutter. Gilaaak. Ternyata kemarin malam telah diadakan press conference dan press screening di Jakarta, pemainnya pada dateng tuh. Untuk trailernya bisa dilihat disini


Gambar dari akun twitter
@WatchmenID


Share:

2 komentar:

  1. Wuooow. bole juga nih animovie nyaa buat watchlist. download ah~ Sampe udh dbkin versi film thailand juga yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, download aja, terus tonton deh 😁
      Versi thailandnya jg kayanya lumayan, dikasih bumbu romance dikit soalnya. Haha

      Hapus